Watch Dogs 2 Review : Hipsters, Computer, Conspiracy

Citizens of the world, welcome…

 

Semenjak laptopku balik dari tempat servisan karena mainboard yang bermasalah, aku berusaha untuk keep up sama semua game yang udah rilis. Yang bener-bener ketinggalan banyak itu masih ada banyak tapi untungnya hari ini udah selesai satu.

Yang udah aku selesaiin itu game action terbaru Ubisoft tahun 2016 yang ditunggu-tunggu semenjak kemunculannya di bulan Juli.

Oke, let’s start…

WATCH DOGS 2

Masuki kehidupan dari Marcus Holloway, hacker muda dari Oakland, San Francisco yang bergabung dengan Dedsec, kelompok hacker underground, untuk membongkar kejahatan dari sistem kota yang dibuat oleh perusahaan Blume, ctOS 2.0. Ancamannya adalah, sistem ini bisa mempelajari dan merekam kehidupan semua orang dan kemudian menjual data-data itu untuk perusahaan-perusahaan yang mencari keuntungan dari privasi masyarakat. Dengan ancaman yang besar dan kemungkinan ia menjadi penjahat yang dicari oleh negara, semua tergantung Marcus dan kelompoknya untuk menyingkap konspirasi yang tidak diketahui oleh semua orang.

Kalau kalian pikir serial lanjutannya ini sama persis dengan yang pertama, bersiaplah untuk salah. Karena sama sekali nggak ada yang persis. Watch Dogs 2 punya atmosfir dan suasana yang lebih berwarna dibandingkan dengan pendahulunya. Terus juga, mekanik gameplaynya lebih banyak dan ngasih opsi yang beragam untuk nyelesaiin misi. Bahkan kamu nggak perlu untuk terjun langsung karena ada dua mainan baru: drone dan RC jumper.

Sebelum lebih jauh, aku list apa aja yang baru dari game ini:

  • Stun Gun
  • Drones!
  • Hack system
  • NetHack View
  • Driving System dari developer Driver
  • Parkour
  • Remote Controlled Machines

Stun Gun dan Drones yang aku tulis pertama itu adalah tambahan terbesar di seri ini, karena kamu bisa menyelesaikan game ini tanpa membunuh satupun musuh yang ada. Tentunya lebih menantang

Hack System di game ini juga nggak cuman terdiri dari 1 hack kayak yang di Watch Dogs 1, kamu dikasih 4  opsi hack untuk setiap orang dan benda. NetHack View disini lebih sama kayak Eagle Vision dari Assassin’s Creed.

Driving System yang lebih terkontrol dan nggak bikin bete ini adalah salah satu keunggulan Ubisoft udah beli studio Reflections yang terkenal dengan Driver seriesnya yang disenengin semua orang. Aku juga suka 😀

Parkour disini lebih jadi tonjolan utama untuk karakterisasi Marcus karena nggak cuman jadi tampilan aja, Marcus bisa menjangkau area yang sebelumnya nggak bisa dijangkau oleh Aiden Pearce, protagonis serial pertama.

Remote Controlled machine yang tersebar di kota San Francisco ini, mulai dari forklift sampai crane yang besar, adalah mainan barumu untuk menjangkau area yang nggak akan bisa dijangkau.

 

Oke, reviewnya ya. Aku sangat enjoy dengan adanya penambahan gameplay, bahkan aku ngerasa game ini sama sekali bukan Watch Dogs, karena sebegitu sukanya aku sama Watch Dogs yang pertama, aku masih nemu banyak kesalahan dan hal yang nggak aku suka darinya. Apalagi kalo kita udah bandingin trailer E3nya. Wah, rasanya rada kecewa.

Watch Dogs 2 justru ngasih kita kejutan yang menyenangkan dengan agak rendahnya ekspektasi kita. Nggak bisa dibilang kejadiannya kayak Assassin’s Creed 2 yang jadi brilian dibanding serinya yang pertama sih, tapi Ubisoft udah di jalan yang benar dengan ngedengerin fans tentang bagaimana harusnya gamenya mereka.

Sayangnya, storynya terlalu dangkal dan nggak terlalu menarik. Terlalu edgy dan hipster juga. Tapi mungkin disitu daya tariknya. Kamu diberikan dunia untuk kamu jelajahi dan kamu jadikan taman bermain berupa San Francisco. Daripada repot-repot membuat cerita yang penuh konspirasi sampai kamu bawa ke forum, mendingan forumnya kamu ajakin main bareng 😀

Secara subjektif, game ini dapet 9/10

Sebenernya dapet 8

Tapi dapet tambahan 1 poin karena Vespid, mobil muscle yang aku suka dari WD1 dimasukkin lagi kesini.

Dan ditambahin opsi buat ngasih paint job.

Love it.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s