Ngeri-ngerian sambil guyon-guyonan di acara Daisuki Japan

Halo semuanya,

Mau berceritera ini saya mengenai acara daripadanya ialah (paan sih) Japan Culture Daisuki.

Eh itu mah nama yang bikin acaranya deng.

Nama acaranya itu Daisuki Japan 7 : Wanderlust! (iya, ada tanda serunya kok)

Loh kok udah yang ketujuh aja? tanya anda-anda sekalian yang nggak pernah datang.

Ini adalah rentetan acara kawakan JCD tiap tahunnya yang diadakan di Malang. Bilangnya emang tiap tahun, tapi ada pengecualian. Soalnya kalo dibilang tiap tahun, harusnya ini acaranya yang ke 6, bukan begitu?

Daisuki Japan 1, 2, dan 3 diadainnya numpuk di tahun. DaiJap 1 diadain di SMAN 9 Malang tanggal 20 Januari 2012 (iya soalnya samaan sama tanggal ulang tahun hehehe…) DaiJap 2 diadain di akhir tahun 2012 dan DaiJap 3 diadain di pertengahan tahun 2013. Daijap 4 diadain di akhir tahun 2013 dan semenjak itu, Daisuki Japan diadakan lebih matang lagi dengan acuan setahun sekali.


Oke, karena udah selesai jelasin Daisuki Japan secara keseluruhan, sekarang kita mulai masuk ke acara utamanya.

Temanya acara ini sih semacam jalan-jalan keliling Malang gitu, dan realisasinya ada di konsep acara mereka yaitu nonstop entertainment. Nggak ada waktu buat penonton jalan-jalan dan makan-makan buat mereka yang mau nikmatin acaranya karena dari awal sampai akhir, guest star dan performer yang keren-keren khas Malang dan JCD dikasih terus  dari pagi sampai malem. Intinya semacam Wonders of Malang bisa kalian nikmati nonstop. A en je a ye~

Dibagi ke dalam 6 kelompok performer yang dicampur guest star juga. Ada Dance Cover yang digawangi Ichigo & Starcaptain + Lumina Scarlet, grup idol Bandung yang udah tersohor di Tokyo Idol Festival; Ada Band yang digawangi Escape, re:alive, dan Otaku band dari Surabaya, ada Instrumental yang dibawakan oleh Yamaha East Wind Orchestra, JAV Guitar, dan Chikatsu Duo yang membawa kesejukan dan ketenangan di panggung, ada Cosplay Drama yang dibawakan oleh Cosuki Malang dan Cosmo, masing-masing bawain lakon Gintama & Dynasty Warrior (atau Sangoku Musou? atau Sengoku Basara? lupa :\) + Akiba Street (ini band juga tapi nggak tau kenapa ditaruh di bagian ini) dan yang terakhir ialah Guest Star yakni Hiroaki Kato dan Haruka (bukan, bukan Nakagawa dasar wota).

Pendapatku? DaiJap tahun ini bener-bener direncanakan dengan matang mulai dari nonstop entertainment, perhitungan penempatan stand komunitas dan sponsor di dalam dome, dan juga rundownnya. Kurangnya sound systemnya buat mikrofon, kurang mendukung. Speakernya juga banyak pecahnya. Mungkin lain kali bisa dicari lagi provider yang lebih baik. yang kemarin udah bagus, tapi pasti ada yang lebih bagus. Sama, ya..rada sempit ya standnya 😐 susah jalan kemana-mana.

overall, aku suka banget sama acara DaiJap tahun ini, dibandingkan kekecewaan pas DaiJap tahun lalu yang nggak bisa ngapa-ngapain pas ada hujan ya, tahun ini lebih asik.

Oh iya, tahun ini juga JCD ngumumin acara mereka yang baru, Croc Con. Konvensi khusus untuk cosplayer dan penikmat cosplay. Intinya ini event Comiket atau Toys Fair untuk Cosplayer dimana mereka bisa mengembangkan hobi mereka ke tahap kreatif yang lebih tinggi kayak disediain tempat untuk jual photoset mereka, untuk jual kostum mereka, dll.

Ada juga J-Sphere yang ternyata dijadiin event masterpiece dari JCD dan diadain cuman 2 tahun sekali. J-Sphere tahun ini diadain kemungkinan di pertengahan tahun atau nggak di akhir tahun, kayak 2 tahun yang lalu diadainnya di Surabaya. Mungkin di DBL Arena lagi.

Sekian gitu aja dari laporan saya mengenai acara DaiJap. Sampai ketemu lagi di acara Isshouni Tanoshimimashou 12 di UB tanggal 13-14 April 2017.

-AMK-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s